Peran Serbaguna seorang Praktisi

Praktis public relations memainkan peran ganda. Pada satu tingkat, mereka berfungsi sebagai penasihat dan konsultan bagi manajemen. Pada tingkat lain, mereka acap kali berfungsi sebagai teknisi yang menggunakan seperangkat teknik komunikasi (pernyataan pers, presentasi slide, acara-acara khusus dab sebagainya) untuk memberi tahu masyarakat mengenai tindakan dan keputusan manajemen. Mereka yang bekerja dalam bidang ini sering kali mengartikan publik relations menurut kegiatan yang mereka lakukan secara rutin. Praktisi public relations, misalnya, melakukan pekerjaan sebagai berikut:

Mendengarkan sambutan- sambutan Menulis artikel berita
Menyusun kata sambutan Meneliti pendapat masyarakat umum
Menasehati manajemen mengenai kebijakan Merencanakan dan mengatur acara
Ikut ambil bagian dalam keputusan kebijakan Memimpin kunjungan- kunjungan
Merencanakan program- program public relations Menulis surat-surat
Menjual program kepada manajemen puncak Merencanakan dan menulis buklet, liflet, laporan dan buletin
Mengusahakan kerja sama dari manajemen menengah Mengedit laporan berkala karyawan
Mengusahakan kerja sama dari karyawan lain Mengawasi papan buletin
Menuliskan sambutan untuk orang lain Merancang poster
Mencari pembicaraan untuk pertemuan -pertemuan organisasi Merencanakan film dan rekaman video
Menempatkan pembicara untuk program radio dan televise Merencanakan dan mempersiapkan presentasi slide
Menghadiri pertemuan Merencanakan dan memproduksi pameran
Merencanakan dan menyelenggarakan pertemuan Mengambil foto dan mengawasi juru foto
Mempersiapkan pernik-pernik publisitas Membuat penghargaan
Berbicara dengan editor dan wartawan Menyambut pengunjung
Mengadakan konferensi pers Mengevaluasi program public relations

Pada tahun 1982 PRSA – Public Relations Society of America, mengeluarkan sebuah pernyataan resmi yang menjelaskan fungsi public relations di Amerika Serikat setelah dipertimbangkan selama beberapa tahun. sedikitnya dua dari fungsi praktisi public relations diperlihatkan adalah bekerja sama dengan karyawan dan merencanakan film serta rekaman video.

Damun demikian dalam perkemabnganya fungsi public relatins tidak dapat di batasi hanya pada aktivitas-aktivitas tehnik semata namun lebih berkembang pada sebuah perencanaan strategic bagi pembengunan citra positif dan mutual understanding  secra internal maupun eksternal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: