Merencanakan Tindakan Public Relations

Mengamati sasaran dan metode riset, satu langkah dasar dalam proses public relations. Fase kedua, perencanaan program, membentuk hasil usaha riset.

Sebuah program public relations hendaknya bukan sekedar tindakan asal jalan. Ketika masalah muncul, uang mungkin dihamburkan begitu saja dengan harapan sasaran segera tercapai. Ini adalah tindakan yang kurang bijaksana. Sebaiknya, kampanye yang berhasil terdiri dari serangkaian langkah-langkah dasar. Bab ini mengamati secara lebih cermat prosedur yang sudah mapan ini.

Prosedur dimulai dengan definisi masalah dan berakhir dengan penilaian hasil. Langkah-langkah mengikuti satu sama lain dengan urutan maju secara logis sehingga pemborosan pun dapat dicegah. Menentukan sasaran sebuah kampanye sebelum masalah diketahui dengan jelas mungkin akan memberikan hasil yang tidak menentu.

Pada langkah pertama praktisi menerapkan teknik riset yang dijelaskan sebelumnya. Demikian pula, setiap elemen yang mengikuti bergerak dari langkah yang diambil sebelumnya. Prosedur ini memberikan tuntunan baik bagi pemula maupun praktisi berpengalaman dalam mengatur kampanye yang dilaksanakan dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: