Kedudukan Public Relations pada sebuah Organisasi

Pada setiap organisasi modern, public relations adalah fungsi manajemen di samping fungsi staf. Kekuasaan dan pengaruhnya langsung berkatian dengan dua faktor.

Yang pertama, seperti disebutkan di atas, kegiatan public relations akan efektif hanya apabila kepala departemennya mempunyai akses langsung menuju manajemen puncak dan diwakili oleh komite inti pembuat kebijakan. Cara yang lebih disukai adalah departemen public relations mempunyai peran penasihat wajib.

Kedua, pimpinan public relations harus setara dalam status dan pangkat dengan kepala departemen lain. Adalah penting bahwa semua mempunyai nama jabatan yang sama. Apabila kepala departemen lain berada pada tingkat wakil presiden, misalnya, kepala public relations pun harus berada pada tingkat tersebut.

Tidak semua perusahaan menyadari nilai bentuk organisasi ini. Pada beberapa perusahaan, direktur public relations melapor langsung pada wakil presiden pemasaran atau advertensi. Pengaturan seperti ini menggambarkan bahwa organisasi bersangkutan mengartikan fungsi public relations secara sempit. Departemen ini memusatkan perhatian pada publisitas produk, dan mengakibatkan kegiatan penting lain.

Perusahaan besar lain mempunyai wakil presiden bidang komunikasi perusahaan yang mengawasi komunikasi pemasaran, advertensi dan public relations. Penataan ini cenderung berfungsi lebih baik, karena manajer atau direktur dari ketiga departemen ini mempunyai status yang sama dan melapor pada satu orang secara tersentralisasi. Orang ini lalu mengkoordinasi strategi komunikasi total setelah menimbang rekomendasi dari ketiga bawahannya.

Beberapa contoh fungsi public relations pada struktur organisasi diperlihatkan dalam Gambar .3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: