Definisi Public Relation

Menyusun definisi public relations adalah satu permainan yang dapat dimainkan berulang kali. Perintis pendidik public relations Rex Harlow pernah menyusun sekitar 500 definisi hampir dari sumber sebanyak itu.

Harlow melihat definisi itu beragam dari yang sederhana sampai yang rumit. Beberapa lebih ringkas:

  • Penampilan bagus, dihargai masyarakat.
  • PR adalah singkatan dari Performance – penampilan dan Recognition –pengakuan
  • Bekerja dengan baik dan karenanya mendapat pujian
  • Tindakan yang diambil untuk menunjang hubungan yang menguntungkan dengan masyarakat umum
  • Usaha-usaha organisasi untuk mendapatkan kerja sama dari sekelompok orang.

Para penulis buku teks juga telah merumuskan bermacam-macam definisi. Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom menyatakan dalam edisi keenam, buku Effective Public Relations.

Bahwa, “public relation adalah fungsi manajemen yang mengidentifikasikan. Menetapkan. Dan memelihara hubungan saling menguntungkan antara organisasi dengan segala lapisan masyarakat yang menentukan keberhasilan atau kegagalan public relations”.

Fungsi manajemen juga ditekankan dalam Managing Public Relations oleh James E. Grunning dan Todd Hunt. Mereka menyatakan bahwa Public Relations adalah” manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dengan masyarakatnya.”

Doug Newsom dan Alan Scott, dalam This is PR edisi ketiga, cukup mengatakan, “Public relations adalah tanggung jawab dan sikap tanggap dalam kebijakan dan informasi demi kepentingan utama lembaga bersangkutan dan masyarakat”.

Sebuah satuan tugas bentukan “PRSA”-Public Relations Society of Amerika–untuk membahas bobot dan peran public relations (1981) berusaha memformulasi suatu definisi yang ringkas, berisi, dan gampang diingat. Sarannya adalah :

  • Public Relations membantu sebuah organisasi dan masyarakatnya untuk saling menyesuaikan diri
  • Public relations adalah usaha-usaha sebuah organisasi untuk mendapatkan kerja sama kelompok orang.

Organisasi public relations nasional dan internasional juga telah menyusun definisi yang cukup luas untuk dapat diterapkan di mana pun di dunia ini. Definisi itu meliputi berikut ini:

  • “Public relations adalah usaha sengaja, terencana, dan tidak pernah mati untuk menetapkan dan memelihara saling pengertian antara sebuah organisasi dengan masyarakatnya.” (British Institute of public Opinion, yang definisinya juga telah diikuti di sejumlah negara Commonwealth /persemakmuran).
  • “Public relations adalah usaha sengaja dan sesuai hukum untuk mencapai pemahaman dan membina serta memelihara kepercayaan di antara masyarakat umum atas dasar riset sistematik”. (Deutsche Public Relations Gesellschaft, Republik Federal Jerman-dapat dicatat bahwa tidak ada istilah yang setara dengan public relations dalam bahasa Jerman.)
  • “Public relations adalah usaha manajerial secara sistematik dan tidak pernah berhenti yang digunakan sebagai alat bagi organisasi swasta dan pemerintah untuk membina pengertian, simpati, dan dukungan di lingkaran masyarakat yang diperkirakan akan berhubungan dengan mereka.” (Dansk Public Relations Club of Denmark, yang juga menggunakan istilah bahasa Inggris.)
  • “Praktik public relations adalah seni dan ilmu sosial untuk menganalisis tren, meramalkan konsekuensi tindakan, memberikan konsultasi kepada pemimpin organisasi, dan melaksanakan program tindakan terencana demi kepentingan masyarakat umum dan organisasi. (Definisi yang disetujui di World Assembly of Public Relations di kota Meksiko di tahun 1978 dan yang diikuti oleh 34 organisasi public relations nasional.)
  • Studi cermat mengenai penjelasan ini harus memungkinkan setiap orang mampu menyusun definisi mereka sendiri. Orang tidak harus mengingat definisi yang manapun. Kata-kata kunci yang perlu diingat untuk mendefinisikan public relations adalah sebagai berikut:

Sengaja. Kegiatan public relations adalah sesuatu yang disengaja, dirancang untuk mempengaruhi, mendapatkan pengertian, memberikan informasi dan memperoleh umpan balik (reaksi dari mereka yang terkena dampak kegiatan).

Terencana. Kegiatan public relations adalah sesuatu yang terorganisasi. Solusi masalah diketahui dan logistik dipikirkan, dengan kegiatan yang memerlukan jangka waktu. Kegiatan ini sistematis, membutuhkan riset dan analisis.

Kinerja. Public Relations yang efektif didasarkan pada kebijakan dan penampilan nyata dari seseorang atau sebuah organisasi. Tidak ada public relations yang dapat menciptakan simpati serta dukungan jika organisasi bersangkutan merupakan “pemilik usaha yang payah atau tidak tanggap terhadap kepentingan masyarakat. Pepatah kuno mengatakan. “Anda tidak dapat membuat dompet sutera dari kuping induk babi.

Kepentingan Masyarakat. Dasar dari setiap kegiatan public relations adalah melayani kepentingan masyarakat, dan bukan sekedar memperoleh ,keuntungan bagi organisasi. Idealnya, kegiatan public relations saling menguntungkan bagi organisasi dengan kepentingan dan urusan masyarakat. Misalnya Atlantic Richfield Company mensponsori penyusunan program berkualitas untuk televisi pemerintah karena usaha ini akan menyodok citra perusahaan; pada saat yang sama, masyarakat mendapat keuntungan dengan ditayangkannya program seperti itu.

Komunikasi Dua Daerah. Kamus sering kali memberikan kesan bahwa public relations terdiri dari hanya dari penyebaran materi melalui informasi. Namun penting juga bahwa definisi itu termasuk umpan balik dari khalayak. Kemampuan mendengarkan adalah bagian dari keahlian komunikasi yang pokok.

Fungsi Manajemen. Public Relations berfungsi paling efektif apabila menjadi bagian dari pengambilan keputusan oleh manajemen puncak. Public Relations melibatkan konsultasi dan pengatasan masalah tingkat tinggi, tidak hanya mengeluarkan informasi setelah keputusan dibuat. Public Relations didefinisikan oleh Denny Griswold, pendiri dan pemilik PR News sebagai “Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, dan melaksanakan suatu program tindakan (dan komunikasi) untuk mendapatkan pengertian masyarakat dan dapat diterima oleh masyarakat.

Ringkasannya, seseorang dapat menangkap unsur-unsur public relations yang paling pokok dengan mengingat kata-kata ini: sengaja …. Terencana … kinerja…  Kepentingan Masyarakat …. Komunikasi dua arah …. Fungsi manajemen.

Menurut pengertiannya sendiri, berdasarkan interprestasinya mengenai public relations, Rex Harlow dengan tegas menekankan peran manajemen:

Public relations sebuah fungsi manajemen yang membantu menciptakan dari mempertahankan garis komunikasi, pengertian, penerimaan, dan kerja sama timbal balik antara sebuah organisasi dan masyarakatnya; melibatkan manajemen ke dalam sebuah isu; membantu manajemen untuk selalu mendapatkan informasi mengenai pendapat masyarakat dan menanggapinya; membantu manajemen untuk senantiasa mengikuti perubahan dan memanfaatkan perubahan itu secara efektif. Public relations juga berfungsi sebagai suatu sistem peringatan dini untuk membantu mengantisipasi tren; dan menggunakan riset serta teknik komunikasi etis sebagai piranti utamanya.

Definisi lain menekankan pentingnya memberi konsultasi kepada manajemen Sebagaimana dijelaskan oleh perintis public relations Edward L. Bernays di hadapan World Assembly of public Relations pada tahun 1976, konsultan profesional memberikan nasihat kepada manajemen mengenai sikap dan tindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan sosialnya. Ia menambahkan:

Konsultan public relations pertama-pertama memastikan penilaian yang benar dan penilaian yang kurang benar antara para pemimpin perusahaan dengan masyarakat. Kemudian ia memberikan kliennya saran atas suatu perubahan sikap dan tindakan tertentu. Selanjutnya ia menyarankan mengenai bagaimana menginformasikan dan mengimbau masyarakat terkait mengenai jasa, produk atau gagasan. Konsultasi mencakup penelitian, informasi, dan persuasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: